Miss Indonesia 2014
1. Penyelenggara
Kontes kecantikan Miss Indonesia diselenggarakan sang Yayasan Miss Indonesia bareng sponsor utama yaitu Sari Ayu. Sedangkan, inspirasi penyelenggaraan kontes Puteri Indonesia diprakarsai sang Yayasan Puteri Indonesia yg saat ini diketuai sang Mooryati Soedibyo. Sponsor utama berasal kontes Puteri Indonesia merupakan Mustika Ratu.
2. Penyiar
Baik kontes kecantikan Miss Indonesia juga Puteri Indonesia sama-sama disiarkan secara eksklusif sang 2 stasiun televisi preman yg nir sama. Malam penganugerahan Miss Indonesia ditayangkan sang RCTI secara live. Sebaliknya, penganugerahan Puteri Indonesia juga disiarkan secara eksklusif, yakni sang Indosiar.
tiga. Peserta
Peserta Miss Indonesia merupakan perempuan-perempuan yg telah memenuhi persyaratan & ketentuan yg telah ditetapkan sang pihak penyelenggara kontes. Sementara itu, peserta Puteri Indonesia merupakan perempuan-perempuan yg merupakan perwakilan berasal setiap provinsi dalam Indonesia. Oleh karenanya, dalam ajang Puteri Indonesia, setiap provinsi hanya diwakili sang seseorang perempuan.
4. Penilaian
Secara holistik, aspek yg dievaluasi dalam Miss Indonesia lebih kompleks dibandingkan bareng Puteri Indonesia. Kriterian penilaian kontes Puteri Indonesia dengan rumus 3B, yaitu brain (cerdas), beauty (manis), & behavior (baik). Sedangkan kriteri penilaian dalam ajang Miss Indonesia dengan rumus MISS, yaitu manner (konduite), imressive (kesan), smart (pandai), & social (peduli).
lima. Pemenang
Pemenang Miss Indonesia & Puteri Indonesia merupakan peserta yg berhasil mengumpulkan poin tertinggi sinkron aspek-aspek yg dievaluasi dewan juri. Selanjutnya, pemenang Miss Indonesia akan mewakili Indonesia dalam kontes kecantikan taraf global yaitu Miss World. Sedangkan, pemenang berasal Puteri Indonesia akan mewakili Indonesia dalam ajang kontes kecantikan taraf global yaitu Miss Universe.
Advertisement