-->

5 Perbedaan Lada Hitam & Lada Putih

5 Perbedaan Lada Hitam & Lada Putih
Apakah disparitas antara lada hitam serta lada putih? Lada (Piper nigrum) acapkali dianggap pula sebagai merica atau sahang. Ini merupakan rempah-rempah yang paling banyak dipergunakan dalam pembuatan aneka macam olahan makanan pada global. Selain itu, lada pula acapkali dipergunakan sebagai obat tradisional khususnya bermanfaat untuk terapi asma serta gigitan serangga. Lada mempunyai citarasa getir, pedas, hangat, serta antipiretik bareng aroma spesial yang sangat bertenaga.

Pada biasanya, kita mengenal 2 macam lada yaitu lada putih serta lada hitam. Tahukah Knda bahwa sebenarnya ke 2 lada ini diolah berasal flora yang sama. Lada putih terbuat berasal butir yang sungguh matang. Sedangkan lada hitam merupakan butir yang telah melewati masa kematangannya serta mengering lantaran sinar matahari. Lantas apa sih perbedaannya antara lada hitam bareng lada putih?

Di bawah ini merupakan sejumlah disparitas yang dimiliki sang ke 2 macam lada ini :

Lada putih diambil berasal butir lada yang matang untuk selanjutnya direndam pada dalam air garam guna membuang kulitnya. Sementara lada hitam diambil berasal butir lada yang telah melewati ketika masak serta lalu dikeringkan.
Pengelupasan kulit butir lada membentuk tekstur permukaan lada putih terasa lembut serta terlihat lebih higienis serta menarik. Sedangkan lada hitam mempunyai tekstur yang kasar pada permukaannya.
Lada putih mempunyai rasa yang lebih pedas dibandingkan bareng lada hitam. Tetapi rasa lada hitam jauh lebih kaya serta kompleks. Aroma yang dimiliki lada hitam pula lebih spesial.
Kebanyakan makanan pada Indonesia lebih banyak dengan lada putih daripada lada hitam lantaran rasanya lebih pedas. Namun makanan yang bergaya Amerika serta Eropa justru lebih banyak memanfaatkan lada hitam. Lada putih hanya digunakan untuk makanan berwarna cerah serta saus.
Di pasaran, harga lada putih lebih mahal daripada lada hitam. Hal ini dikarenakan proses produksi lada putih jauh lebih rumit. Selain itu makanan spesial Indonesia pula pada biasanya dengan bumbu lada putih, sehingga peminat lada hitam terhitung sedikit.

Demikian, semoga bermanfaat!

Advertisement
5 Perbedaan Lada Hitam & Lada Putih