-->

6 Perbedaan ubi Jalar Ungu & Putih

6 Perbedaan ubi Jalar Ungu & Putih
Apakah disparitas antara ubi jalar ungu & putih? Sebagai warga Indonesia, kita mutlak sudah akrab bareng yg namanya ubi jalar. Yap, umbi dari Ipomoea batatas L ini dapat dikonsumsi sang insan. Rasanya anggun bareng tekstur yg nisbi lembut.

Tahukah Knda, umbi dari tanaman ubi jalar ternyata mempunyai rona yg bhineka dari varietasnya. Ada ubi jalar yg berwarna ungu, putih, merah, & jingga. Aika dirasakan lebih akurat, masing-masing dari umbi tadi mempunyai rasa & tekstur yg berlainan. Tidak hanya itu, kandungan gizi yg masih muncul dalam dalam umbi-umbi ini juga bhineka.

Ubi Jalar

Ubi jalar (Ipomoea batatas L) artinya tanaman budidaya yg termasuk dalam famili Convolvulaceae. Tumbuhan ini syahdan berasal dari Amerika Selatan yg beriklim tropis. Umbinya bisa dimanfaatkan sang insan lantaran mengandung karbohidrat yg tinggi. Di wilayah Asia Tenggara khususnya, warga setempat pun masuk akal mengolah daun ubi jalar yg masih belia.

Metode perbanyakan tanaman ubi jalar umumnya dilakukan melalui stolon atau stek btg rambat. Sebelumnya, huma perlu dicangkul terlebih dahulu buat membuatnya menjadi fertile & gembur. Kemudian barulah btg rambat ubi jalar ini ditanam dalam lubang-lubang tanam yg sudah dirancang. Bentuk perawatannya nisbi dilakukan bareng memberikan pupuk sangkar & pupuk urea setiap sebulan sekali. Sedangkan pemanenan umbi baru bisa dilaksanakan selesainya tanaman berusia kurang lebih 4-6 bulan.

Berikut ini beberapa manfaat yg masih muncul dalam ubi jalar diantaranya :

Sumber karbohidrat kompleks
Sumber vitamin A
Menjaga kestabilan tekanan darah
Mencegah penyakit kanker
Mempertahankan berat badan
Banyak mengandung serat
Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Melancarkan sistem pencernaan
Membantu pengobatan diabetes
Mencegah penyakit maag

Perbedaan

Dari sekian banyaknya varietas tanaman ubi jalar, ubi putih & ubi ungu diketahui artinya varietas ubi jalar yg paling poly dibudidayakan. Ternyata disparitas antara ke 2 varietas ubi jalar tadi nir hanya terletak dalam rona umbinya saja, akan tetapi juga beberapa aspek yg lain. Berikut ini kompendium hal-hal yg membedakan ubi ungu bareng ubi putih :

Ubi ungu lebih poly mengandung vitamin A daripada ubi putih. Diketahui kandungan vitamin A yg muncul dalam ubi ungu mencapai 7700 mg/100 g.
Ubi ungu mempunyai rasa yg lebih anggun dibandingkan bareng ubi putih. Padahal zat gula yg terkandung dalam dalam ke 2 ubi jalar tadi nir jauh tidak sama.
Para penderita diabetes umumnya melakukan diet bareng mengonsumsi ubi putih, bukan ubi ungu. Hal ini dikarenakan ubi ungu mempunyai rasa yg nir begitu anggun.
Dari segi teksturnya, ubi ungu terasa lebih lembut ketimbang ubi putih. Di sisi lain kandungan serat dalam ubi putih lebih poly daripada ubi ungu.
Tidak mirip ubi putih, ubi ungu dapat dijadikan menjadi bahan pewarna yg alami. Adapun rona yg didapatkan sang ubi ini apalagi kalau bukan rona ungu.
Ubi ungu mempunyai kadar zat antosianin yg lebih tinggi dibandingkan ubi putih. Salah satu fungsi zat antosianin ialah menjadi antioksidan dalam dalam tubuh.

Advertisement
6 Perbedaan ubi Jalar Ungu & Putih