-->

4 Perbedaan Peralatan & Perlengkapan yg Tersembunyi

4 Perbedaan Peralatan & Perlengkapan yg Tersembunyi
Perbedaan peralatan dan perlengkapan biasanya dibahas di dalam ilmu ekonomi khususnya akuntansi. Memang betul, antara peralatan dan perlengkapan sama-sama dibutuhkan oleh seseorang ketika hendak melakukan suatu aktifitas/pekerjaan. Namun tidak sedikit dari kita yang masih keliru dalam mengelompokkan benda-benda yang termasuk peralatan dan benda-benda yang termasuk perlengkapan. Jadi dengan mengetahui pengertian keduannya secara jelas, diharapkan Anda bisa memahami disparitas yang betul antara peralatan dan perlengkapan.

Peralatan

Mesin Jahit

Peralatan berasal dari istilah dasar alat yaitu benda yang dipakai untuk mengerjakan sesuatu. Jadi, peralatan adalah benda-benda yang digunakan untuk mengerjakan suatu pekerjaan dengan tujuan tertentu. Sinonim dari istilah alat ialah perkakas.

Peralatan merupakan benda-benda yang bersifat utama atau bukan benda tambahan. Artinya jikalau tidak didukung dengan peralatan, maka suatu pekerjaan tidak dapat diselesaikan dengan baik. Ciri-ciri peralatan antara lain jangka waktu pemakaiannya usang, biasanya berukuran akbar, dan perlu disusutkan harganya. Sebagai model dari peralatan di antaranya komputer, mesin jahit, kompresor, meja, kursi, dan lain-lain.

Perlengkapan

Benang

Di dalam bahasa indonesia, perlengkapan dibentuk dari istilah dasar lengkap yang berarti genap, absolut, atau tidak ada kurangnya. Kemudian istilah lengkap mendapatkan imbuhan berupa awalan pe dan akhiran an sehingga menjadi perlengkapan. Definisi dari perlengkapan adalah benda-benda yang yang melengkapi jalannya suatu kegiatan/pekerjaan.

Ini tandanya perlengkapan merupakan benda-benda tambahan yang digunakan untuk menyempurnakan suatu pekerjaan. Karakteristik dari perlengkapan yakni cenderung praktis habis dan tidak awet, biasanya berukuran mini, memiliki fungsi yang spesifik, dan tidak perlu disusutkan harganya. Contoh-model perlengkapan di antaranya pulpen, pensil, tinta, benang, jarum, oli, bensin, kertas, dan sebagainya.

Kesimpulan

Dari uraian singkat di atas, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa disparitas-disparitas antara peralatan dan perlengkapan versi Farof antara lain :

Peralatan merupakan perkakas utama, sedangkan perlengkapan adalah perkakas pendukung suatu pekerjaan
Peralatan bersifat awet, tetapi perlengkapan cepat habis
Biasanya peralatan memiliki ukuran yang lebih akbar daripada perlengkapan
Berbeda dengan peralatan yang perlu disusutkan harganya, perlengkapan tidak perlu

Advertisement
4 Perbedaan Peralatan & Perlengkapan yg Tersembunyi